Artikel

Mudahnya Mengurus Paspor untuk Umroh secara Online

paspor untuk umroh

Bila Anda merencanakan perjalanan untuk melakukan ibadah umroh maka sala satu dokumen yang perlu Anda persiapkan adalah paspor untuk umroh. Ini merupakan dokumen wajib yang harus dimiliki setiap jamaah yang akan melakukan perjalanan umroh. Untuk melakukan pengurusan paspor yang digunakan dalam perjalanan umroh, kini tersedia layanan pengurusan secara online yang bisa memudahkan bagi calon jamaah. Layanan ini merupakan salah satu bentuk layanan dari Kementrian Imigrasi berbasis web untuk memudahkan dan mempercepat prosedur pembuatan paspor. Meski demikian, ada beberapa persyaratan serta ketentuan yang tetap harus dilakukan secara offline dengan datang langsung ke kantor Kementrian Imigrasi dalam pengurusan paspor tersebut.

Dalam proses pengurusan paspor untuk umroh, Anda sebaiknya mempersiapkan beberapa dokumen yang dibutuhkan mulai KTP, KK, serta dokumen pendukung (akta kelahiran, akta perkawinan, ataupun ijazah). Keseluruhan dokumen tersebut discan dan disimpan dalam format jpeg, warna hitam putih, serta ukuran file maksimal 1.8 MB. Selain itu, dalam mengurus paspor yang digunakan untuk umroh, Anda sebaiknya juga mempersiapkan nama dengan minimal tiga kata. Setelah semua persyaratan tersebut Anda siapkan, maka Anda pun bisa mengikuti langkah-langkah berikut dalam pengurusan paspor umroh.

  • Pertama, Anda bisa masuk ke website imigrasi.go.id dan memilih menu layanan paspor online. Anda bisa memilih prapermohonan personal. Pastikan untuk mengisi seluruh data yang dibutuhkan dalam form pendaftaran. Selanjutnya, unggah seluruh dokumen yang telah discan. Langkah terakhir adalah dengan memilih Kantor Imigrasi mana serta tanggal untuk melakukan proses pengurusan paspornya.
  • Anda bisa mencetak form yang telah diisi yang bisa Anda gunakan nantinya saat mengurus paspor ke kantor imigrasi. Nantinya, Anda hanya perlu menunjukkan form yang telah dicetak yang mana barcode pada form tersebut telah menyimpan data yang Anda masukkan dalam prapermohonan personal pengurusan paspor online.
  • Ketika tanggal yang Anda ajukan telah tiba, Anda bisa mendatangi kantor imigrasi yang Anda pilih. Dalam hal ini, Anda siapkan dokumen dalam bentuk fotocopy ukuran kertas A4 beserta cetakan form pendaftaran. Selain itu, Anda sebaiknya membeli map hijau di tempat yang ditentukan beserta materai 6000.
  • Anda bisa masuk ke ruang pembuatan paspor yang biasanya terbagi pada dua bagian yaitu pendaftaran melalui online dan pendaftaran manual. Dalam hal ini, Anda bisa memasukkan seluruh dokumen yang dibutuhkan ke dalam map hijau dan menyerahkan kepada petugas untuk mendapatkan verifikasi.
  • Setelah dinyatakan lolos verifikasi maka petugas akan memberikan surat pengantar ke petugas administrasi. Anda bisa menukar surat tersebut dengan nomor urut antrian berkode C untuk membayar biaya sebesar Rp 225.000 untuk proses pembuatan paspor.
  • Setelah pembayaran dilakukan maka pemohon paspor akan dipersilahkan untuk menuju ke lokasi pengambilan sidik jari dan melakukan sesi pengambilan foto sambil menunggu proses wawancara. Wawancara tersebut ditujukan untuk memastikan calon jamaah umroh tidka memiliki pelanggaran keimigrasian.

 

Sebagai calon jamaah umroh, Anda sebaiknya memahami bahwa segala proses pengurusan paspor dilakukan secara individu. Namun demikian, pihak penyedia layanan jasa perjalanan bisa memberikan bantuan ataupun pendampingan bagi calon jamaah dalam mengurus pengurusan paspor untuk umroh tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *